perwaku-depanIsu krisis lingkungan dan pemanasan  global serta pangan dalam beberapa tahun terakhir dikhawatirkan akan mengancam keberlanjutan masa depan dunia pada umumnya. Kenyataan tersebut mendasari kepedulian para cendikiawan lingkungan untuk tergerak memikirkan lingkungan. Salah satu wadah pemerhati serta kepedulian  tentang lingkungan tersebut adalah melalui Perhimpunan Cendikiawan Lingkungan Indonesia (PERWAKU), Perhimpunan yang mayoritas keanggotaannya para akademisi tersebut hari senin, 13 Februari 2012 mengadakan pertemuan dan rapat koordinasi di UPN “Veteran” Jatim.

Dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh Ketua Umum Perwaku, Dr. Donny Yusgiantoro, Ketua Dewan Pakar Prof. Hasrul Tayib dan Sekjen, Dr Herdianto tersebut juga mengundang perwakilan dari ITS, UB,UNAIR, UNESA, UNAIR, IAIN Sunan Ampel dan UPN “Veteran” Jatim. Pertemuan di UPN “Veteran” Jatim merupakan safari bertahap yang telah dilakukan pengurus pusat Perwaku setelah di Univ. Sriwijaya Palembang dan UNDIP Semarang. Rektor UPN “Veteran” Jatim, Prof. Dr. Ir. H. Teguh Soedarto, MP yang juga merupakan pengurus Perwaku menyampaikan bahwa kiprah Perwaku selama ini adalah menyikapi perkembangan kondisi lingkungan dari segala aspek untuk kemaslahatan umat manusia pada umumnya, sementara itu Ketua Umum Perwaku menyampaikan bahwa dalam perkembangan organisasi saat ini masih memerlukan penyegaran dan peran serta para akademisi termasuk di daerah-daerah, oleh karena itu masih diperlukan pembentukan pengurus di daerah-daerah guna mensupport kepengurusan di tingkat pusat. Sedangkan Ketua Dewan Pakar, Prof. Hasril Tayib menyampaikan tujuan dibentuknya Perwaku adalah mengupayakan penyelamatan lingkungan tanpa menghambat pembangunan.

perwaku 3perwaku 2perwaku 4perwaku 5

Pada pertemuan awal ini juga dibahas rencana penyelenggaraan Seminar Nasional yang akan menghadirkan Menteri ESDM, Menteri Pertahanan dan para pemangku kepentingan yang akan dilaksanakan di Jakarta serta dilaksanakan teleconference di Palembang, Semarang dan Surabaya. (mirw@n)

Sumber: upnjatim



Login Form

Berita Terpopuler

Prev Next

Aspek Iklim dalam Perencanaan Perkotaan

Gambar 1. Faktor-faktor yang mempengaruhi iklim perkotaan (Sumber: Sebastian Wypych...

INDONESIA DALAM ISU KELAUTAN DAN PERUBAH…

Bersamaan dengan perundingan pada sidang ke-30 badan-badan subsider UNFCCC (United Nations...

KEBUN BOTANI : UPAYA MELESTARIKAN KEKAYA…

Tidak lama lagi kita harus mengimpor benih kayu dari Malaysia atau Thailand karena tak ada...

Kota Hijau Tanpa Transportasi

Oleh Isyana Artharini Perdebatan soal perubahan iklim di Indonesia masih berkutat soal...

Beda Sarjana dengan Cendekiawan

Oleh: Prof Emil Salim Perhimpunan Cendekiawan Lingkungan Indonesia merupakan wadah bagi...

Kita Butuh UU Lingkungan Hidup?

PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP, DALAM TATA KELOLA PE...

LANGKAH KOMITMEN ENVIRO- MASTERPLAN PEMB…

Oleh: Raldi H Koestoer Langkah Komitmen Hijau: •Komitmen Enviro/Hijau–Pembangunan Hijau ...

Menhut: Selamatkan Hutan Perlu Aksi, Jan…

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengingatkan, upaya penyelamatan hutan memerlukan aksi...

DAYA DUKUNG LINGKUNGAN UNTUK PENATAAN RU…

•Adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan mahluk hidup ...